LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

MASALAH KHUSUS

Laba Antar Perusahaan
Selama diantara perusahaan yang berafiliasi sebagai unit usaha masih tetap melanjutkan usahanya masing-masing, maka tidak merupakan suatu hal yang mistahil jika diantara unit-unit usaha tersebut melakukan jual-beli berupa barang / jasa yang dihasilkan maupun harta tak bergerak untuk fasilitas pabriknya

Obligasi Antar Perusahaan
Seperti halnya transaksi jual beli baik berupa barang-barang dagangan, jasa-jasa maupun fasilitas-fasilitas produksi lainnya, maka sangat dimungkinkan terjadinya pemilikan (surat hutang ) obligasi dari suatu perusahaan oleh perusahaan lain didalam lingkungan perusahaan yang berafiliasi.

Saham Prefferen dan Saham Biasa Anak
ada beberapa jenis modal saham prioritas, yang satu sama lain mempunyai akibat (pengaruh) yang berbeda-beda khususnya dilihat dari segi hak-hak penyertaannya 
Sifat saham prefferen adalah :
1. Tidak kumulatif dan tidak berpartisipasi (TKTB), dimana klaim terhadap kekayaan bersih perusahaan sebatas nominalnya.
Hak kepemilikan atau klaim terhadap kekayaan bersih perusahaan terbatas hanya sebesar nilai nominal, dan saldo laba ditahan seluruhnya merupakan bagian dari para pemegang saham biasa. sebaliknya, saldo defisit seluruhnya menjadi tanggungan para pemegang saham biasa pula.
2. Kumulatif dan tidak berpartisipasi (KTB), klaim terhadap kekayaan bersih perusahaan sebatas nominalnya, dan mempunyai hak atas deviden.
3. Tidak kumulatif dan berpartisipasi penuh (TKB), dimana hak atas deviden hanya apabila perusahaan mengalami laba saja.
4. Kumulatif dan berpartisipasi penuh (KB), mencakup hak atas kekayaan bersih dan laba.

Deviden Saham Anak
Apabila saham bonus dibagikan oleh perusahaan anak, maka pada perusahaan anak terjadi perubahan posisi modalnya, karena hal ini berarti terjadi perubahan status dari sebagian saldo laba yang ditahan menjadi modal statutair.

Eliminasi hak-hak pemilikan dari perusahaan induk diatur sebagi berikut :
1. Eliminasi terhadap modal saham, dipakai titik tolak dari posisi terakhir(setelah pembagian bonus saham ) sebesar presentase pemilikannya.
2. Eliminasi terhadap saldo Laba Yang Ditahan bertitik tolak dari saldo Laba Yang Ditahan  pada saat /tanggal terjadinya pembelian saham-saham dikurangi dengan jumlah yang di kapitalisasi sebagai modal saham (statutair).

Metode Equity 
Apabila metode equity din pakai , maka rekening investasi saham perusahaan anak harus di debit sebesar Rp 10.000 (80% x 12.500) sebagi pengakuan  terhadap bagian atas laba yang diperoleh Anak dengan rekening lawan kredit pada Rugi- Laba Anak ( Laba Yang Ditahan).

0 Response to "LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI"

Posting Komentar