LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI

PENGERTIAN :
Laporan Keuangan Konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi untuk
induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan seakan-akan merupakan satu entitas atau
perusahaan satu perusahaan

TUJUAN :
Tujuan Laporan Keuangan Konsolidasi disusun, yaitu agar dapat memberikan gambaran yang obyektif
dan aktivitas dari satu perusahaan yang terdiri atas sejumlah perusahaan

MANFAAT:
1.Dapat memberikan gambaran yang jelas tentang total sumber daya perusahaan hasil gabungan
dibawah kendali induk perusahaan
2.Dapat memberikan informasi terkini bagi manajemen induk perusahaan

SIFAT-SIFAT :
1.Laporan keuangan konsolidasi adalah model pelaporan akuntansi untuk menunjukkan pengaruh
ekonomi dari penggabungan dua atau lebih perusahaan yang tersendiri
2.Dalam penyusunan neraca konsolidasi untuk perusahaan induk dan anak, perusahaan anak ini
dipandang seakan-akan sebagai cabang
3.Neraca perusahaan induk yang melaporkan saham perusahaan anak sebagai investasi

MASALAH-MASALAH UMUM DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI
1.Periode dimana laporan atau neraca konsolidasi tersebut disusun
2.Jumlah saham yang dimiliki oleh perusahaan induk, dan harga perolehan yang telah dikeluarkan untuk
memperoleh saham tersebut
Baca Penuh - LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI